Thursday, August 30, 2012

Cara Menghindari Diabetes


Penyakit diabetes memang tak dapat disembuhkan akan tetapi diabetes melitus tipe 2 bisa dicegah dengan cara yang tidak sulit. Gaya hidup yang tidak sehatlah yang menyebabkan penyakit ini timbul. Oleh karena itu terapkanlah gaya hidup sehat yang dapat meminimalkan resiko terjangkitnya diabetes. 

Di negara berkembang penyakit diabetes terus mengalami kenaikan.


Dari data WHO tahun 1985 menyebutkan sebanyak 1,7% penduduk Indonesia mengalami diabetes. Namun pada tahun 2007, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan jumlahnya mengalami kenaikan menjadi 5,7% atau sekitar 12 juta penduduk. Kenaikan yang sangat fantastis bukan?

"Diabetes dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Olahraga yang rutin dan mengurangi makan-makanan berkalori tinggi akan membantu menangkis diabetes".

Dibawah ini ada beberapa cara mencegah atau meminimalisir risiko diabetes, antara lain:

1. Teratur untuk berolahraga
Teratur berolahraga membuat tubuh peka terhadap insulin sehingga membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Dengan olahraga, tubuh menggunakan insulin lebih efisien sampai 70 jam setelahnya.
Hanya dengan berolahraga 3-4 kali seminggu selama 20 - 40 menit akan sangat bermanfaat menangkal diabetes. Olahraga seperti aerobik dan fitness juga dapat menjaga berat badan tetap ideal.

2. Tetap menjaga berat badan agar tetap ideal
Mayoritas penderita diabetes mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Lemak yang menumpuk ternyata dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

3. Atur pola  makan jangan sampai makan berlebih (overnutrisi)
Tubuh yang menerima nutrisi berlebihan akan menjadi faktor utama penyebab diabetes. Makin banyak asupan nutrisi maka semakin besar diabetes akan menyerang tubuh. Kontrol sistem makan dengan memperbanyak buah dan sayur.

4. Buang Stres
Pada saat stres otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon stres kortisol. Hormon ini meningkatkan detak jantung serta mengirim glukosa ke dalam darah untuk diubah menjadi energi bagi otot. Intinya stres akan membuat orang jadi makan banyak. Pada akhirnya, dapat menyebabkan kegemukan yang berisiko diabetes.

5. Tidur dan istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup juga ampuh meredakan stres karena pada dasarnya merupakan mekanisme untuk mendetoksifikasi tubuh

6. Hindari polusi
Radikal bebas yang terdapat pada polusi sangat berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas ini makan memperburuk fungsi sel serta memicu diabetes dan kerusakan pembuluh darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa polusi dapat memicu resistensi insulin dan meningkatkan kadar lemak di perut dan organ internal.

7. Rutin melakukan pengecekan kesehatan
Hati-hati dengan usia sekitar 25tahun. Karena pada usia ini merupakan masa mulai berkembangnya diabetes atau prediabetes. Oleh karena itu, kadar gula darah perlu diperiksa sebulan sekali, terutama bagi orang-orang yang berisiko dan memiliki riwayat keluarga pengidap diabetes.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...