Wednesday, August 8, 2012

Berbagai Makanan Yang Wajib Dihindari Saat Sahur


ilustrasi (dok)
Rajin rajinlah untuk bangun sahur karena hal inisangat penting untuk menjaga stamina unuk satu hari kedepan yang tidak mendapat asupan makanan apa-apa. Tetapi jangan sembarangan makan karena bisa mengganggu pencernaan dan akan membuat puasa kita menjadi lebih berat.

Agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa di bulan ramadhan, tubuh harus tetap mendapatkan sejumlah asupan makanan yang normal seperti karbohidrat, susu, ikan, daging, buah dan sayuran ( 4 sehat 5 sempurna ).


Karbohidrat kompleks ditemukan dalam makanan yang mengandung biji-bijian dan seperti barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang-kacangan, lentil dan tepung gandum.dan jangan lupa, minum air putih yang banyak selama sahur dan juga setelah berbuka puasa.

Selain makanan yang dianjurkan,ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur, antara lain:
1. Makanan berlemak dan gorengan
2. Makanan pedas dan kalengan
3. Makanan kalengan
4. Makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat olahan
5. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda dan lainnya.

"Makanan yang digoreng, makanan yang sangat pedas dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula seperti permen dapat menyebabkan masalah kesehatan dan harus dibatasi selama bulan Ramadan. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, nyeri ulu hati dan masalah berat badan. Sedangkan minuman kafein harus dihindari terutama saat sahur," 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...