Tuesday, August 21, 2012

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan


ilustrasi(dok)
Jeruk nipis atau nama latinnya Citrus aurantifolia sudah dikenal dari dulu sebagai tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Meskipun rasa buahnya agak pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam.

Sedangkan airnya sendiri bermanfaat sebagai penyedap makanan, dapat juga digunakan sebagai asam nitrat,bahan karat pada logan dan kulit yang kotor juga bisa bersih dengan menggunakan airnya.


Jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, dan bisa juga untuk membantu proses pencernaan.

Minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin juga terdapat dalam jeruk nipis.. Pada buahnya yang masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Sedangkan  asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Tips memanfaatkan jeruk nipis sebagai herbal yang membantu penyembuhan penyakit:
1. Ambeien
Rebus  10 gr akar pohon jeruk nipis yang sudah dicuci bersih dengan  air 1 liter selama 1/2 jam kemudian saring. Minumlah selagi hangat setiap hari sebanyak 3 kali/harinya.

2. Amandel
Potong 3 kulit jeruk nipis yang sudah dicuci kemudian rebus dengan 2  gelas air hingga airnya tersisa 3/4 lalu saring di tempat yang bersih. gunakan air saringan tersebut untuk berkumur yang dilakukan 3 sampai 4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan
Cuci bersih 2 buah jeruk nipis, kemudian peras jeruk tersebut dan diberi gula batu secukupnya dalam 1 gelas air hanat. adur sampai gula batu rata tercampur dengan airnya dan minum hangat hangat sekaligus.

4. Batuk
Peras satu buah jeruk nipis dan campur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam,beri sedikit garam. Aduk-aduk hingga rata kemudian saring dan diminum 2 sampai 3 kali sehari.

5. Batuk disertai flu
Jeruk nipis yang sudah masak dipotong-potong lalu peras. air perasan jeruk nipis tersebut diseduh dengan menggunakan 60 cc air panas. Beri setengah sendok teh air kapur sirih dan aduk hingga rata.  Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

6. Bau Badan
Cara pertama :
Jeruk nipis yang sudah cukup besar dipotong menjadi dua, kedua bagian tersebut diolesi dengan kapur sirih secara tipis- tipis saja. Oleskan pada ketiak setelah habis mandi. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas, lakukan hal ini setiap pasi dan sore.

Cara kedua:
10 helai daun jeruk nipis tumbuk sampai halus, kemudian gulung kecil kecil menyerupai pil lalu makan 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal
Minum setiap malam sesudah makan malam perasan jeruk nipis yang sudah diencerkan dengan 2 gelas air hangat. Lakukan setiap hari selama 10 hari.

8. Difteri
Cuci jeruk nipis kemudian peras. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam atau Flu
Cara pertama :
Jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara kedua :
Panggang jeruk nipis kemudian potong dan peras airnya. beri sesendok madu dan minum sekaligus.

10. Haid Tidak Teratur/tidak lancar
Air jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan ditambahkan dengan 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas aduk hingga rata. Minum hangat-hangat setiap 3 kali sehari.

11. Sesudah Melahirkan
Tambahkan satu sendok makan kapur sirih dengan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, aduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi, agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.

12. Jerawat
Gosokkan potongan jeruk nipis perlahan - lahan pada kulit wajah yang berjerawat.

13. Mencegah kerontokan pada rambut atau Berketombe
Potong menjadi 3 bagian jeruk nipis sebanyak 2 buah. Oleskan potongan tersebut pada kulit kepala dan bungkus dengan hnduk semalaman. Keramaslah keesokan harinya dan lakukan hal ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

14. Melebatkan Rambut 
 Kocok satu butir kuning telur ayam kampung dengan 3 burir jeruk nipis hingga rata.  oleskan pada kulit kepala serta lakukan pemijatan secara rata. Diamkan selama 2 jam kemudian bilas dengan shampo merang. Sedangkan shampo merang sendiri cara membuatnya yaitu :   1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas..

15. Menghentikan  Merokok
Jeruk nipis iris - iris , isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari.

16. Vertigo
Lumatkan segenggam daun jeruk nipis kemudian tambahkan dengan  1 sendok makan air jeruknya. Gosokkan pada tengkuk serta dahi.  Lakukan 2 kali sehari.

17. Radang Tenggorokan
Tiga  buah jeruk nipis masak dipotong kemudian  peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

18. Lendir pada Tenggorokan 
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tambahkan sedikit garam, lalu aduk sampai rata. Ramuan ini bisa diminum meski perut dalam kondisi kosong.

19. Panu dan kurap
Cuci  akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih sebanyak segenggam, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

20. Terkilir
Belah belah 3 buah jeruk nipis yang banyak airnya. Seduh dengan setengah cangkir air panas, lalu tutup rapat. Setelah dingin ambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini dipakai untuk mengurut bagian yang cedera. Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

21. Sakit Gigi 
Air jeruk nipis campur dengan gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

22. Melangsingkan Badan
Tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam secangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

23. Menambah Stamina
Kuning telur ayam kampung dicampur dengan air perasan air jeruk nipis dan irisan gula merah. Aduk hingga rata dan minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

24. Tekanan Darah Tinggi
20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

sumber: 


Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...